Posted on

(Request) Review: Dynasty Warrior 6

[Post by: BM – OLivia] [Screenshots from TeamXBox, if not credited]

Beberapa waktu yang lalu, ada salah satu kerabat kami dari playlistkorea yang merequest game Dynasty Warrior. Berhubung admin hanya punya versi yang keenam, jadi admin kali ini hanya membahas tentang Dynasty Warrior 6. Tapi tenang saja, karena – mungkin – review ini akan sama menariknya – atau lebih menarik – daripada gamenya.

Mau tau apa isi reviewnya? Berikut review lengkapnya :

Tanggal Rilis
Rating (ESRB)
Genre
Perilis
Developer
Perancang
Console

19 Februari 2008
Teen
Hack and Slash (Combat), Action
Koei
Omega Force
Tomohiko Sho
PS 3, PS 2, PS Portable, XBox 360, PC (Windows)

DW adalah salah satu game yang paling digilai para gamers, sampai-sampai game ini sering disebut “penghancur kontroler”. Melihat antusias para pemainnya, Omega Force bersama Koei kembali merilis game DW, yang kali ini merupakan episode keenamnya.

Dirilis pada tanggal 19 Februari 2008, DW6 dirilis 11 tahun setelah game DW pertama kali dirilis. Dengan begitu tentu saja fitur-fitur di game ini lebih baik daripada game-game DW sebelumnya. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa fitur di game ini yang dinilai terlalu.. rendah bagi sebuah game DW.

The Good

Sebelum beralih ke kritikannya, akan lebih baik admin memberitaukan kelebihan-kelebihan dan fitur-fitur terbaru yang ada di DW6. Salah satu kelebihannya adalah adanya fitur baru Renbu.

Apa itu Renbu? Renbu adalah fitur – lebih tepatnya sistem – yang menghitung seberapa banyak kamu menghabiskan musuh dalam sekali pertarungan, atau yang biasa disebut combo. Yap! Dengan adanya Renbu, para pemain akan lebih termotivasi untuk mengalahkan banyak musuh dan memecahkan rekor-rekor kalian sebelumnya. Memang sih ada beberapa yang tidak suka, karena menurut mereka sistem kombo lebih menarik dan efektif.

Selain itu, ada beberapa fitur lagi yang ditawarkan. Sekarang pemain dapat memanjat bagaikan monyet dan berenang bagaikan ikan. Yap! Di game DW6, pemain dapat memanjat benteng-benteng/kastil-kastil pertahanan musuh apabila tidak sempat mendobrak pintu. Pemain juga dapat menusuri sungai-sungai apabila ingin mengambil jalan pintas ke tempat tujuan. Fitur ini menarik, karena tidak ada di game DW sebelumnya. Selain itu, fitur ini akan lebih menarik lagi ketika dipakai secara bersamaan di beberapa misi.

Selain itu Musou mode kali ini juga diperbaharui dengan baik. Meskipun begitu, sayangnya hanya ada 5/6 karakter saja di setiap kerajaan. Senjata-senjata dan teknik baru pada tiap karakter juga membuat game ini semakin menarik. Meskipun begitu ada beberapa pemain yang tidak menyukai ide tentang Lu Bu yang teknik Halbard-nya diberikan pada Gan Ning.

Okay, bagi kalian yang tidak mau mendengar kritikan mengenai DW6. Lebih baik selesai sampai disini saja -”

The Bad

Di game DW6 ini, Omega Force kembali memperbaiki grafisnya. Memang kami akui grafisnya memang lebih baik dibandingkan game DW sebelumnya. Tapi ternyata ada beberapa grafis yang masih dinilai kurang sekali untuk sebuah game, dan bahkan membuat para gamers kurang menyukai DW6 ini.

Beberapa diantaranya, grafis untuk air yang masih kurang alami, lingkungan dan pohon yang nampak tak hidup – layu, mati, dsb -“, dan bahkan karakteristik karakter yang – meskipun lebih baik daripada DW sebelumnya – dinilai masih jauh sekali dari standar game sekarang ini. Selain itu, karakter-karakter sebelumnya banyak yang tidak dimunculkan kembali di DW6, dan ini agak sedikit mengecewakan para maniak DW.

Sama seperti game-game DW sebelumnya, DW6 juga terinspirasi dari cerita “Romance of the Three Kingdoms” [Romansa Ketiga Kerajaan], yang dikarang oleh Luo Guanzhong pada abad ke-14. Jika didasarkan oleh sebuah buku yang – sejujurnya – admin pun tidak kenal, DW seharusnya memberikan banyak informasi mengenai isi buku ini. Mengapa? Agar para pemain bisa mengerti apa jalan cerita dari game yang mereka mainkan ini. Tak disangka – kembali mengecewakan – DW6 memberikan sedikit sekali informasi mengenai jalan cerita “Romance of Three Kingdoms” ini.

Itulah letak kekurangan DW6. Jika orang yang belum mengetahui cerita mengenai RotTK, mereka pasti akan kebingungan dengan jalan cerita game DW6 ini. Selain itu, beberapa kritik juga mengatakan bahwa suara dari karakter-karakter masih buruk – seperti biasanya,  sama buruknya dengan karakteristik karakternya yak. Admin setuju sekali dengan pendapat itu, karena sering kali admin menirukan suara-suara karakter DW yang aneh dan kocak itu bersama adik admin #curcol.

Para kritik juga mengatakan bahwa game DW6 kali ini nampak buruk sekali ketika dimainkan di PS3, bahkan jauh lebih buruk daripada XBox 360. Karena hal itulah, DW6 dinominasikan sebagai “Least Improved Sequel of 2008” [Sekuel yang Paling Tidak Terimprovisasi di Tahun 2008]. Aduh! Bagaimana sih ini?!

Overall

Admin dan segenap keluarga gamepeoples dan PRORARTIN, akan memberikan rating untuk Dynasty Warrior 6 sebesar :

And Finally…

Karena takut pingsan, admin pun menghentikan kritikan mengenai DW6. Memang kritik itu boleh. Tapi jika tanpa saran, itu sama saja kita mengkritik diri sendiri. Jadi, kali ini admin mau memberikan beberapa saran untuk DW6.

Menurut admin, akan lebih baik kalau para developer game (terutama DW) lebih mengimprovisasikan alur cerita, meskipun sebenarnya grafis juga sangat berpengaruh – sekali. Selain itu, developer seharusnya memperhitungkan “apa tanggapan para gamers?” sebelum membuat keputusan untuk menghilangkan beberapa fitur yang.. kalau admin katakan, sangat-sangat berpengaruh untuk DW.

 

 

 

Sekian review untuk Dynasty Warrior 6. Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah ataupun yang menyakiti perasaan anda sebagai seorang fan Dynasty Warrior.

 

Tidak setuju dengan review kami? Silahkan kirimkan komentar, kritik, dan saran anda dibawah ini🙂

See you at the next post!

About PRORARTIN

Peter. OLivia. Reyner. ## We play games. We talk games. We love games.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s